Tips Mengatasi Bayi Susah Makan

Mother feeding babyPermasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu adalah bayi kita yang susah sekali melahap makanan yang disediakan. Bila Anda kewalahan dan khawatir karena bayi susah makan, kabar baiknya Anda tidak sendirian, banyak sekali bunda yang mengalaminya, bahkan lebih banyak bayi susah makan dibandingkan bayi yang suka makan.

Bayi yang menutup mulut, mendorong sendok, menyembur-nyemburkan makanan bukan berarti bayi tidak mau makan, tapi karena bayi sedang belajar makan. Selama 6 bulan penuh bayi hanya kenal ASI yang berupa cairan, mudah ditelan dan tidak perlu dikunyah. Jadi bayi butuh waktu untuk belajar cara menangani dan menelan tekstur makanan dari cair ke padat. Bubur MPASI yang baik cair tapi ada ampas, sehingga tidak tumpah saat sendok dimiringkan.

Mungkin ada beberapa hal penting yang terlewatkan oleh Anda saat memberi makan si kecil. Tips berikut mungkin dapat membantu Anda.

Porsi Lebih Kecil

Coba sajikan makanan dalam porsi kecil. Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit tetapi ditambah frekuensinya menjadi lebih sering.

Variasikan Makanan

Coba ganti kombinasi makanan, rasa, tekstur dan metode makan, buatlah beberapa pilihan menu makanan untuk pagi, siang dan sore supaya bayi tidak bosan. Bisa juga diberikan bubur instan sesuai umurnya untuk menambah variasi dan rasa.

Sajikan Dengan Menarik

Sajikan makanan secara menarik, bisa dengan piring atau sendok yang berbeda, menghias makanan dalam bentuk lucu dan ditambahkan hiasan potongan sayuran sehingga bisa menarik perhatian bayi.

Makan Sambil Bermain

Dudukkan bayi di kursi makan bayi, lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan dengan mainan yang ada, ganti dengan mainan yang lain. Mainan yang berbunyi biasanya lebih menarik perhatiannya, dan ketika ia lengah, ia akan lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

Makan Bersama

Bayi susah makan sering tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Anda sambil makan ketika menyuapinya. Atau, minta bantuan orang lain untuk makan di hadapan bayi Anda, langsung suapi ketika ia mulai membuka mulutnya karena melihat orang lain menyuap makanan.

Air putih

Kadang bayi melakukan aksi tutup mulut setelah beberapa suapan. Cobalah tawarkan air putih sedikit, lalu berikan lagi suapan berikutnya.

Berikan Finger Food

Makanan berbentuk batangan kecil sebesar jari yang bisa dipegang, bisa membantu melatih keterampilan mengunyah dan merangsang pertumbuhan giginya. Beberapa diantaranya adalah buah-buahan yang dikupas dan dipotong-potong sehingga mudah dipegang bayi, atau biskuit khusus untuk bayi. Berikan kepada bayi usia 8 bulan keatas.

Berikan Suplemen Multivitamin

Berikan suplemen penambah nafsu makan seperti curcuma atau minyak ikan kod yang banyak dijual bebas. Karena dapat meningkatkan penyerapan sari makanan pada saluran pencernaan untuk meningkatkan nafsu makan. Berikan sesuai dosis untuk bayi 1 hari sekali.

Jangan Memaksa Bayi Makan

Jangan sampai bayi menangis ketika ibu memaksanya makan. Jika bayi menangis, hentikan makan. Bayi yang trauma makan akan semakin sulit makan.

Sabar

Ibu mana sih yang tidak gemas saat bayinya rewel tidak mau makan? jika bayi menolak suapan sendok, coba lagi semenit kemudian. kuncinya sabar dan telaten. Walau repot, jangan sampai bayi tidak diberi makan saat rewel, Anda yang harus lebih banyak bersabar.

Selalu pantau tumbuh kembang bayi. Konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi jika ibu mengalami kesulitan atau bayi sama sekali tidak mau makan. Semoga berhasil ya Bunda. (dari berbagai sumber)

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *