Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kelahiran sang buah hati dengan kondisi normal dan sempurna merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh setiap Orang Tua. Oleh karena itu sudah sepatutnya bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan fisik dan pola makannya untuk menjamin kesehatan bayi dalam kandungan. Menjaga kehamilan sehat juga termasuk menghindari beberapa kebiasaan yang mungkin Anda lakukan setiap hari, yang tanpa disadari bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kondisi bayi agar terlahir dengan kondisi normal.

  • Lakukan Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin

Jika ibu sudah mengetahui bahwa sedang hamil, sebaiknya ibu rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk menjaga kesehatan pada kehamilan dan mencegah terjadinya kelahiran bayi cacat. Pemeriksaan kehamilan bertujuan untuk mempersiapkan kondisi fisik maupun mental sang ibu di masa kehamilan dan kelahiran. Selain itu, hal tersebut bertujuan untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya kelainan pada masa kehamilan ibu sehingga dapat dicegah dan ditindaklanjuti sejak dini. Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kelahiran bayi cacat serta dapat menurunkan angka kematian sang ibu maupun janin.

  • Berhenti Merokok

Merokok memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan bayi. Merokok dapat membuat ibu sulit hamil dan menimbulkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Tidak hanya itu saja, sebisa mungkin Ibu juga menghindari paparan asap rokok guna menjaga kesehatan janin. Meski tidak merokok secara langsung, menghisap asapnya juga dapat membuat si Kecil terkena risiko asma, alergi, penyakit paru-paru, infeksi telinga, dan juga kematian mendadak.

  • Hindari Alkohol Selama Hamil

Alkohol dapat masuk kedalam peredaran darah dan tali plasenta sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran bayi cacat. Tidak ada jumlah yang aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi alkohol, semua jenis alkohol berbahaya, terutama untuk kehamilan. Minum minuman beralkohol selama masa kehamilan dapat menyebabkan keguguran, janin meninggal di dalam rahim, kelahiran bayi cacat dan gangguan perilaku pada bayi.

  • Hindari Produk Yang Mengandung Bahan Kimia

Produk perawatan yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Produk-produk ini meliputi cat kuku, parfum, obat jerawat, dan lainnya. Oleh karena itu, Ibu perlu hati-hati saat memilih produk perawatan yang aman saat hamil.

  • Jangan Mengkonsumsi Obat-obatan Tanpa Konsultasi Dokter

Ibu tidak boleh sembarangan minum obat saat hamil. Beberapa obat dapat “terminum” oleh janin karena terserap ke dalam saluran plasenta. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai obat-obatan yang pernah dan sedang Anda konsumsi selama kehamilan, termasuk obat resep, nonresep, dan obat herbal serta suplemen vitamin.

  • Jaga Berat Badan Ideal

Janin dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi yang berkelanjutan. Mengurangi porsi makan atau membatasi jenis makanan tertentu untuk berdiet akan mengurangi asupan nutrisi janin, sehingga menghambat proses tumbuh kembangnya. Persiapan penting sebelum hamil adalah memiliki berat badan ideal. Jika ibu terlalu kurus, biasanya akan timbul masalah atau komplikasi saat hamil. Tapi, kalau ibu terlalu gemuk dan mengarah pada obesitas, bisa menimbulkan kecenderungan diabetes dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, diskusikan dengan dokter kandungan ibu mengenai pola makan yang sehat dan seimbang selama kehamilan.

  • Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat bermanfaat bagi ibu yang merencanakan kehamilan maupun yang sudah hamil. Karena asam folat dapat menurunkan risiko kelahiran cacat seperti bimbing sumbing dan cacat jantung. Ibu bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan, hati ayam, dan kacang-kacangan. Ibu juga bisa mengonsumsi asam folat berbentuk pil atau vitamin. Selain itu, makanlah makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, dan kalsium.

  • Lindungi Diri Dari Infeksi

Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegalah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, dan jagalah kebersihan tubuh secara menyeluruh.

  • Hindari Aktivitas Fisik Yang Terlalu Berat

Aktivitas fisik dan olahraga memang tetap harus dilakukan oleh ibu hamil untuk mempertahankan kebugaran tubuhnya. Ibu hamil yang rajin olahraga justru akan melahirkan anak cerdas. Namun beraktivitas fisik terlalu berat dapat menempatkan stres pada janin, yang dapat memengaruhi tumbuh kembangnya. Ibu bisa jalan kaki, berenang, atau yoga hamil. Hindari mengangkat beban berat, kelelahan pada tubuh, dan peningkatan suhu tubuh yang terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by wp-copyrightpro.com